Asslaam’mualakum Wr. Wb.
Sekarang waktunya saya berposting tentang KOMUNIKASI
hehehehhe jadi pusing mau tulis apa ya??? hhhhmm.... langsung aja deh syana akan menulis sedikit tentang Tugas tekpres ya itu tentang KOMUNIKASI de mana ilmu komunikasi sangat penting bagi diri saya juga dan orang lain ya..... tugas ini di brikan oleh dosen saya yang sangat baik, mutah senyum.. dan banyak deh.... heheh jadi curaht deh.. Sekarang lanjut saja ke pembehasan tentang Komunikasi.
DEFINISI KOMUNIKASI
Istilah komunikasi berasal dari kata LatinCommunicare atau Communis yang berartisamaataumenjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain, berartikita berusaha agarapa yang disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya.
Beberapa definisi komunikasi adalah:
Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perlu
dipahami bersama olehpihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi (Astrid).
Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang
pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain
(Davis, 1981).
Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)
Komunikasi adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain,
komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT, Lembaga Administrasi)
Komunikasi adalah proses berbagi gagasan, informasi dan pesan dengan orang lain pada waktu dan tempat tertentu.
Komunikasi massa adalah proses di mana informasi diciptakan dan disebarkan oleh organisasi untuk dikonsumsi oleh khalayak (Ruben, 1992)
Komunikasi massa adalah pesan-pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah orang. (Bittner, 1980)
Komunikasi massa adalah suatu proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara. (DeFleur dan Denis, 1985)
James A.F. Stoner & Charles Wankel (1989)
komunikasi ialah satu cara manusia berhubungan yang melibatkan pengertian atau maksud, dengan syarat mereka perlu setuju dengan definisi istilah-istilah yang digunakan berdasarkan sesuatu yang simbolik seperti isyarat, huruf, nomor, dan perkataan yang melambangkan atau menyerupai ide-ide yang dapat menyampaikan maksud
Pace & Feules : Komunikasi organisasi dapat didefinisikan sebagai penunjukan dan penafsiran suatu pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu.
Devito: komunikasi organisasi merupakan pengiriman dan penerimaan pesan baik dalam organisasi di dalam kelompok formal maupun kelompok informal organisasi.
Wiryanto : Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi. Misalnya: memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi. Komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial.Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.
Goldhaber: komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah. Definisi ini mengandung tujuh konsep kunci yaitu proses, pesan, jaringan, saling tergantung, hubungan, lingkungan, dan ketidakpastian.
Katz & Kahn: komunikasi organisasi merupakan arus informasi, pertukaran informasi, dan pemindahan arti di dalam ;suatuorganisasi
Saya dapat menyimpulkan bahwa Komunikasi ialaha dimana terjadi suat proses penyampaian informasi dari Sender ( peran sebagai Penulis /pengirim ) dan dapat ditrema oleh Reciver ( peran kita sebagi Pembaca/penerima pesan) serta memahami atau mengetahui tentang isi pesan/informasi tersebut, dan terjadilah suatu Feedback/ rsepon dalam menanggapi suatu pesan/informasi.
Miskomunikasi
Miskomunikasi bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya: faktor pengetahuan dan bahasa. Artinya, orang-orang yang memiliki latar belakang pengetahuan, pengalaman, dan bahasa yang sama, akan lebih mudah mencapai kesamaan persepsi.
Miskomunikasi juga terjadi didalam mengartikan apa yang dikatakan (secara pendengaran) oleh Komunikator, karena mempersepsinya (secara perasaan), dan akhirnya sang Komunikator juga mempunyai maksud yang lain (secara pikiran), yang istilah sehari-harinya dalam pekerjaan: "nggak nyambung!"
Demikian pula halnya dalam dunia organisasi karena komunikasi yang terjadi sangat berbeda dari komunikasi yang terjalin diantara dua orang teman akrab, karena topik pembicaraan dalam organisasi menuntut kemampuan Komunikasi Formal yang runtut, :
1) Dalam pemilihan kata dan kalimat
2) Sistematika isi informasinya.
Kesulitan berkomunikasi contoh berkomunikasi sering mengunakan kata yang jamak, bisa terjadi karna komunikator pandai secara intelektual dan belum tentu pandai mengkomunikasikan isi pikirannya kepada orang lain, sehingga apabila ia juga seseorang yang tidak bisa atau susah untuk mengendalikan emosinya, sehingga pesan yang di sampai tidak di pahami atau tidak di mngerti.
Banyaknya permasalahan yang timbul dalam hal berkomunikasi yaitu terjadinya sebuah komunikasi yang tidak efisien dan efektif. Masalah yang terjadi yaitu :
1) Pengertian yang kurang lengkap
2) Informasi yang berlebihan
3) Komunikasi yang di sampaikan tidak lengkap baik dari pemberi informasi dan penerima informasi
Saya dapat menyimpulkan bahwa terjadinya Miskomunikasi karena proses penyampaian informasi dari Sender ( peran sebagai Penulis /pengirim ) kurang lengkap, atau informasinya berlebihan, tidak dapat di mengerti oleh Reciver ( peran kita sebagi Pembaca/penerima pesan) baik dari intonasi dan tata bahasa yang di sampaikan maupun suasana, sehingga tidak terjadi Feedback/ respon dalam menanggapi suatu pesan/informasi.
inilah posting saya mengenai KOMUNIKASI dan MISKOMUNIKASI jika ada kekurang mohon komentarnya... karena komentar mungkin dpan menjadi motifasi buat saya.
Asslaam’mualakum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar